Mau Kenal lebih Dekat Klik Link Di Bawah Ini Yah ❀◕ ‿ ◕❀

Sabtu, 11 Mei 2013

Menggosip adalah penyakit?


 Menggosip adalah penyakit?


Hai Guys!
Sadar ga kalian akan kebiasaan buruk yang sering banget kita lakuin? Tanpa kita sadari ya, itu ternyata adalah perbuatan dosa! Nah loh..
Di antara nya adalah menggosip, nah apasih menggosip itu?

Gosip dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah obrolan tentang orang-orang; cerita negatif tentang seseorang.
Nah, kalo kita-kita ini biasanya mengartikan gosip ini "digosok makin sip" yang maknanya, semakin disebarluasin, tambah hot gosip itu.

Dalam agama kita (Islam), Gosip disebut juga ghibah atau menggunjing. Ghibah merupakan suatu perbuatan atau tindakan membicarakan aib atau kekurangan orang lain, tanpa diketahui oleh orang yang sedang dibicarakannya itu.
Tau gak sih? Ghibah itu diibaratkan memakan bangkai saudara kita sendiri. Coba deh bayangin! Kambing aja gak mau makan bangkai temannya sendiri, apalagi kita yang manusia normal?
Biasanya, kebiasaan menggosip ini disebabkan oleh rasa benci. Padahal akibat dari ghibah akan membuat seseorang merasa terhina, malu, tercemar nama baiknya, serta terendahkan harkat martabatnya.

Berikut sabda Rasulullah SAW. :
"Dari Abdullah bin Umar r.a. berkata: Nabi saw. bersabda: Tahukah engkau apakah ghibah itu? Para sahabat menjawab:  Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. bersabda Rasulullah saw.: Engkau menyebut saudaramu dengan kata-kata yang tidak disenanginya. Bagaimana pendapatmu ya Rasulullah jika memang terdapat pada saudaraku itu apa-apa yang saya katakan. Nabi menjawab; Jika memang ada padanya apa yang kamu katakan itu, berarti kamu telah mengumpat  atau menggunjing. Jika tidak ada berarti kamu telah membuat kebohongan yang keji terhadap dirinya." (H.R. Muslim)

Nah sekarang, ada ga sih solusi menghindari perilaku ghibah?
Pasti ada solusinya agar kita tidak terjerumus dalam ruang lingkup penyebaran penyakit hati ini.
Caranya adalah:
1. Jangan sering mengintropeksi orang lain tanpa diiringi mengintropeksi diri sendiri.
2. Gunakan etika dalam berbicara sehingga tidak membuat orang lain tersinggung, karena pepatah mengatakan "Mulutmu Harimaumu".
3. Berbicaralah sesuai waktu dan tempatnya.
4. Gunakan waktu luang dengan kegiatan positif dan bisa bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

So Guys, hindarilah kebiasaan menggosip yang ga karuan mengenai sesama kita, alangkah baiknya kalau kita mengintrospeksi diri sendiri agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. SEMOGA BERMANFAAT :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar